Observasi Kelas: Operasi Penjumlahan dengan Menekankan pada Konsep Nilai Tempat

Laporan Observasi Kelas oleh:

Ambarsari Kusuma W.

Boni Fasius Hery

Talisadika Maifa

 

 

Pembelajaran operasi penjumlahan selama ini hanya menekankan pada algoritma-algoritma yang biasa diterapkan pada soal-soal rutin. Siswa tidak memahami konsep pada algoritma secara mendalam, sehingga apabila diberikan soal tidak rutin, tidak jarang siswa mengalami kesulitan dalam menyelesaikannya. Seperti kita ketahui, penjumlahan merupakan materi dasar yang harus dikuasai siswa. Apabila siswa mengalami kesulitan dalam materi operasi penjumlahan, hal ini akan mempengaruhi pemahaman siswa untuk materi selanjutnya seperti operasi pengurangan, perkalian, pembagian, dan lain-lain.

Penggunaan algoritma yang tepat dalam penyelesaian soal-soal pada operasi penjumlahan harus diiringi dengan pemahaman konsep yang matang. Sehingga siswa mengetahui dengan pasti maksud dari tiap tahap pada algoritma yang digunakan. Pembelajaran harus didesain sedemikian rupa untuk dapat menghantarkan pemahaman konsep kepada siswa kelas II sekolah dasar, salah satunya dengan pendekatan PMRI. Pendekatan PMRI merupakan pendekatan pembelajaran yang menekankan pada pemberian konteks. Pemberian konteks yang nyata bagi siswa akan memudahkan mereka untuk memahami konsep dari materi operasi penjumlahan.

Selain pemberian konteks, penggunaan media pembelajaran juga membantu siswa dalam memahami langkah-langkah pada algoritma. Sehingga tim observer telah menyusun desain pembelajaran yang menekankan pada pemberian konteks dan penggunaan media pada materi operasi penjumlahan bilangan sampai 500 untuk diterapkan di kelas IIA Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Palembang dengan Ibu Mustika sebagai Guru mata pelajaran.  Pembelajaran dilaksanakan pada hari Kamis tanggal 8 November 2012, dimulai pada jam 10.50 sampai dengan jam 11.50.

Laporan selengkapnya bisa didownload di link berikut:

Bahasa Indonesia

English

 

Posted on November 19, 2012, in Uncategorized. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: