Observasi Kelas: PENGGUNAAN KARTU BERGAMBAR PADA PEMBELAJARAN FPB

Ilir Barat I-20121123-01299Kartu bergambar merupakan salah satu permainan yang akrab dengan siswa Sekolah Dasar di Palembang. Baik siswa laki-laki ataupun perempuan sering memainkan kartu bergambar. Maka dari itu, observer beserta Guru merancang desain pembelajaran dengan mengangkat konteks permainan kartu bergambar agar pembelajaran terasa lebih dekat dengan siswa. Hal ini akan membuat siswa lebih mudah memahami pelajaran yang disampaikan.

Pembelajaran faktor persekutuan terbesar (FPB)  selama ini terlalu berfokus dan dititik beratkan pada aspek kalkulasi semata, yang mana cara pengelompokan faktor dari pasangan bilangan dalam pangkat terbesar atau terkecil adalah lazim. Sehingga dengan penggunaan konteks yang dekat dengan siswa yang dalam hal ini yaitu permainan kartu bergambar, akan membuat siswa lebih memahami konsep FPB.

Desain pembelajaran ini dilaksanakan pada tanggal tanggal 21 November 2012 pukul 12.15, tepatnya dikelas IVA SDN 21 Palembang.

Laporan selengkapnya, download pada link berikut:

Laporan Observasi Kelas

RPP dan LKS

Posted on November 30, 2012, in Uncategorized. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: